> Sosok Inspiratif

 

Jessica Ruiz - Makeup artist

Walaupun tanpa bantuan tangan, Jessica Ruiz begitu mahir menggunakan alat-alat makeup. Dengan kuas terjepit di antara bibir, perempuan berambut pirang ini bisa membuat siapa saja terlihat cantik.

Dilansir Yahoo! Beauty (20/11/15), Ruiz adalah seorang makeup artist difabel inspiratif asal Philadelphia, Amerika Serikat. Sebenarnya dia memiliki sepasang tangan lengkap. Namun Ruiz menyandang arthrogryposis, sebuah kondisi yang menyebabkan seseorang tidak dapat memfungsikan kedua lengannya secara normal.

Perkenalan Ruiz dengan makeup dimulai saat remaja. Dia mencoba-coba merias diri untuk meningkatkan percaya dirinya. Pasalnya Ruiz sering diejek oleh teman-teman sekolahnya. Pujian demi pujian yang Ruiz dapatkan membuatnya semakin yakin akan bakatnya. Dia pun memutuskan untuk menjadi seorang makeup artist.

Sayangnya, setiap sekolah makeup menolak mentah-mentah surat lamaran yang dikirimkan. Salah satu perwakilan sekolah itu bahkan menyobek surat lamaran Ruiz di depan matanya. "Ini membuat saya merasakan depresi terdalam dalam hidup," kenang Ruiz. "Di usia 18 tahun Anda masih mencoba untuk menemukan diri. Memiliki mimpi dan gairah lalu seseorang menghancurkannya seperti itu benar-benar menyayat hati."

Lalu Ruiz beralih ke YouTube. Dia belajar seluruh keterampilan merias lewat video-video tutorial yang ditemukannya. "Saya menyebutnya YouTube University," kata Ruiz.

Setelah menguasai teknik merias, Ruiz mulai menawarkan jasanya. Awalnya dia tak memungut bayaran sepeser pun. Namun lambat laun pundi-pundi rezeki Ruiz mulai mengalir. Kini tak hanya dikenal lewat Instagram, Ruiz juga berhasil menjadi makeup artist untuk sebuah pagelaran busana bergengsi.

[sumber]

Leave a comment